Jumat, 22 Mei 2009

Kiat Sukses Mengais Rezeki

Inilah Kesenangan Dunia

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanitawanita,anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). (Q.S.3 : Ali Imran : 14)

Hakikat Kesenangan Dunia

Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui. (Q.S. 29 : Al ‘Ankabuut : 64)

Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu. (Q.S. 57 : Al Hadiid : 20)

“Perbandingan dunia dan akhirat itu adalah seperti jika seseorang di antara kamu memasukkan jarinya ke dalam air laut lalu lihatlah seberapa banyak air yang menempel pada jarinya itu.” (H.R. Muslim dari Mastur Bin Syaddad)

Yang Lebih Baik Dari Dunia
Katakanlah: "Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?" Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah: Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. (Q.S. 3 : Ali Imran : 15)

Kunci-Kunci Rezeki :

Pertama, Memperbanyak Istighfar
Dan (dia berkata): "Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya,niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa.“ (Q.S. 11 : Huud : 52)
Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang sering beristighfar kepada Allah, niscaya Allah akan menghilangkan segala kegundahan dan kesusahannya, dan diberikan kepadanya rezeki yang tidak diduga.” (H.R. Abu Dawud)

Kedua, Memelihara Ketakwaan
Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. (Q.S. 7 : Al A’raaf : 96)

Ketiga, Tawakkal Kepada Allah swt
Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (Q.S. 65 : Ath Thalaaq : 3)

Rasulullah saw bersabda, “Jika kalian bertawakkal kepada Allah swt dengan sebenar-benarnya,maka kamu akan dilimpahkan rezeki seperti burung yang diberi rezeki. Mereka terbang di pagi hari dalam keadaan lapar dan pulang di sore dalam keadaan kenyang. “ (H.R. At Tirmidzi)

Keempat, Memelihara Ibadah
Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya Allah swt berfirman, ‘Hai anak Adam, penuhilah dirimu dengan ibadah kepada-Ku, niscaya Aku akan tutup hatimu dari kemiskinan. Jika kamu tidak mau bekerja, maka Aku akan penuhi tanganmu dengan segala kesibukan serta tidak akan Aku tutup kemiskinan dari hatimu.” (H.R. At Tirmidzi)

Kelima, Menunaikan Haji dan Atau Umrah
Rasulullah saw bersabda, “Sertakanlah ibadah haji dengan umrah secara berkesinambungan. Sesungguhnya, kedua ibadah itu dapat menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana alat pandai besi menghilangkan karat besi, emas, dan perak. Dan haji mabrur pahalanya adalah surga.” (H.R. At Tirmidzi)

Keenam, Memelihara Silaturrahim
Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan usianya makasambungkanlah silaturrahim.” (H.R. Al Bukhary)

Ketujuh, Berderma Di Jalan Allah swt
Katakanlah: "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)". Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya. (Q.S. 34 : Saba’ : 39)
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (Q.S. 2 : Al Baqarah : 261)

Kedelapan, Membantu Yang Mencari Ilmu
“Pada masa Rasulullah hidup, ada dua orang bersaudara. Salah seorang di antara mereka berdua selalu datang kepada Rasulullah untuk menuntut ilmu, sementara yang satu lagi bekerja. Karena kesal dengan sikap saudaranya yang hanya menuntut ilmu dan tidak mau membantunya bekerja, maka ia pun datang menghadap Rasulullah saw mengadukan hal tersebut. Rasulullah saw bersabda, “Janganlah kamu merasa kesal kepadanya, karena bisa jadi kamu memperoleh rezeki lantaran berkah dari suadaramu yang sedang menuntut ilmu.” (H.R. At Tirimdzi dan al Hakim dari Anas)

Kesembilan, Membantu Orang Miskin
Rasulullah saw bersabda, “Mintalah keridlaanku dengan cara berbuat baik kepada orang-orang miskin. Sesungguhnya kalian memperoleh kemenangan dan rezeki lantaran adanya orang-orang miskin.” (H.R. Ahmad, Abu Dawud dari Abu Darda)

Semoga Rezeki Kita Tak Pernah Berhenti Seperti Air Yang Terus Mengalir Semoga Pula Berkah-Nya Kita Raih, Agar Hidup kita Tetap Bersinar, Menyejukkan, dan Memberikan Kebahagiaan di Dunia dan Akhirat.

Sumber :percikaniman.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar